Search

Bukit Sepancong Bengkayang Lantas Dapat Nominasi API 2021

Bukit Sepancong

Kenalan dulu yuk dimana sebenarnya Bukit Sepancong dan Sepadang Hill yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021

Beberapa hari yang lalu seluruh masyarakat Kalimantan Barat khususnya di masyarakat Kabupaten Bengkayang berita ini begitu hangat sekali dan sangat menggembirakan bagi masyarakat Kabupaten Bengkayang dimana salah satu destniasi wisata yang baru-baru ini hangat dibicarakan diberbagai media masa bahkan mulut kemulut masyarakat, oleh karena destinasi wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata yang masuk pada nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API). Tentunya bukan hanya masyarakat Kabupaten Bengkayang saja yang bangga bahkan seluruh Kalimantan Barat, mungkin se-Indonesia bangga dengan pesona alam Indonesia yang memesona ini.

Indonesia merupakan wilayah rentangan pulau-pulau terbanyak yang ada di dunia ini dimana segala kekayaan alam yang melimpah ruah dan alamnya yang indah sehingga sehingga sudah sepantasnya Indonesia kaya. Dalam hal ini pada saat saya menuliskan tentang Bukit Sepancong Sepadang Hill Spot 2 saya bangga sudah pernah pergi kesana dan biasanya ketika pulang kampung dibawah bukit ini saya memandang keatas untuk menikmati atau sekedar melihat bukit sepancong dari bawah.

Menurut saya pribadi dan beberapa teman-teman yang sudah saya ajak ke sini mereka sangat kagum dengan keindahan alam dan pemandangan dari atas Bukit Sepancong Sepadang Hill Spot 2 ini, Seperti Oji Romansyah teman saya yang sudah saya ajak ke Sepasang Hill, dia sempat berbisik ketika kami berdua saja mendaki bukit sepancong “Nggak nyangka di Bengkayang ada tempat wisata yang begitu indah” katanya waktu itu.

Memang jarang sekali para pendaki dan masyarakat disana menyebutkan nama tempat ini adalah sepadang hill spot 2, masyarakat disini sering menyebutnya adalah Bukit Sepancong. Tidak begitu tahu juga mengapa disebut dengan bukit sepancong atau bahkan Sepadang Hill. Menurut hemat saya mengapa disebut bukit sepancong karena sebagian daerahnya hanya ditumbuhi rumput ilalang dan hanya pohon-pohon kecil yang tumbuh dan kaitannya dengan Sepadang Hill ya mungkin karena seperti yang dibahas diatas tadi bukit ini hanya ditumbuhi padang atau alang yang tinggi-tinggi sedikit pohon bisa saja itu alasannya.

Sepadang Hill

Lokasi Bukit Sepancong

Nah Bagi teman sejagat yang inigin pergi ke Sepadang Hill Spot 2 tentunya perlu mengetahui dimana letaknya atau sekedar mencari disosial media atau pun mencari di google Bukit Sepancong dimana, ini nih aku kasih tahu dimana tempatnya Sepadang Hill berada di Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia.

Memang daerah Kabupaten Bengkayang merupakan dataran tinggi sehingga lokasi dari bukit sepadang hill ini merupakan barisan dan sekaligus berhadapan langsung dengan Gunung Bawang. Kalau teman sejagat datang ke Kabupaten Bengkayang sudah pasti nampak gunung yang tinggi menjulang dengan pohon-pohon yang masih terjaga itulah Gunung Bawang, sedangkan disebelah belakang sepadang hill sendiri  ada Gunung Pandan dan beberapa desa dibelakang tidak jarang kalau sudah pagi terdengar sayupan ayam berkokok di belakang sepadang hill spot 2 ini.

Ketinggian Bukit Sepancong

Untuk menentukan gunung atau perbukitan memang salah satunya adalah ketinggian dataran tinggi dari lautan. Sedangkan bagaimana dengan ketinggian dari sepadang hill.? Sepadang hill spot 2 ini memiliki ketinggian kurang lebih 400 – 500 mdpl dari permukaan laut. Dengan ketinggiannya yang sedang ini tidak jarang pengunjung sangat berantusias untuk berkunjung, disetiap sabtu dan minggu sepadang hill ini selalu ramai dikunjungi baik itu wisatawan dari Kabupaten Bengkayang sendiri bahkan lebih banyak dari Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak tetapi semenjak pandemi Covid-19 seperti sekarang ada beberapa aturan berkunjung, wisatawan yang naik tidak lebih dari 100 orang, pendaftaran pendakian melalui whatsapp dan bagi wisatawan yang akan mendaki tetap mematuhi protokol kesehatan.

Cara Pergi Ke Bukit Sepancong

Pastinya kalau sudah masuk nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) tentunya sengat menarik untuk berkunjung di Sepadang Hill dan teman sejagat perlu atur nih kapan libur dan sudah boleh atur tanggal bersama teman-teman untuk pergi.

Nah bagaimana sih caranya pergi ke Bukit Sepancong Sepadang Hill Spot 2 ini? bagi teman sejagat yang belum tahu dan perlu mengetahui nih bagai mana untuk pergi, apa saja yang perlu dipersiapkan baik individu bahkan keperluan kelompok terutama agar tidak tersesat atau keteteran pada saat mendaki. Adapun cara pergi adalah sebagai berikut : Pertama teman sejagat sebelum pergi pastikan anggota tim yang akan ikut jangan lupa tentukan tanggal kapan akan berangkat dan daftar nama, setelah itu hubungi deh pengelola Sepadang Hill Spot 2. Pada saat keberangkatan pastikan teman sejagat membawa tenda dan peralatan camping seperti alat memasak dan jangan lupa bawa botol besar untuk keperluan air bersih pada saat diatas bukit, karena sumber air bersih lumayan jauh dari tempat perkemahan. Ketika sudah sampai di Desa Cipta Karya dan masuk gerbang Sepadang Hill teman sejagat daftar lagi anggotanya dan membayar parkir kendaraan, untuk tiket masuk teman sejagat hanya membayar Rp 10. 000/orang dan jika teman sejagat mengunakan kendaraan bermotor hanya dikenakan Rp 10.000/Motor jikalau menggunakan kendaraan roda empat dikenakan Rp. 20.000/ kendaraan.

Jika teman sejagat masih belum tahu dan membutuhkan porter teman sejagat bisa memesan pada penjaga pintu masuk, untuk biaya saya sendiri tidak tahu untuk harga sekali pengantaran. ow ia bagi teman sejagat yang membawa mobil dapat menyimpan mobil di dekat jalan raya singkawang bengkayang tenang tidak perlu takut dijamin aman karena disana sudah ada yang menjaga, bagi teman yang menggunakan motor teman sejagat bisa masuk sampai di tempat gerbang masuk Sepadang Hill.

Fasilitas Apa Yang ada di Sepadang Hill

Nah apa saja fasilitas yang ada di Sepadang Hill ketika saya disana melihat berbagai fasilitas yang ada pada saat mendaki ataupun turun terdapat pencuran air, kolam untuk bersih-bersih dan bisa ambil air untuk perjalanan sebelum sampai ke puncak ada juga beberapa pos tempat istirahat sebelum sampai dipuncak teman sejagat bisa menggambil air yang ada di pancuran yang telah disediakan nah pada saat itulah teman sejagat bisa isikan botol untuk keperluan memasak dan air bersih pada saat di puncak. Pada saat dipuncak ada beberapa fasilitas seperti area perkemahan, toilet, meja kayu dan bangku kayu untuk santai ada juga ayunan, ada juga tempat berfoto bentuk tangan di sebelah kiri dan kanan bukit dan disana juga ada langko atau tempat kecil bangunan permanen yang dibuat untuk penginapan mewah sepertinya, hehehe. nah itu saja yang saya lihat fasilitas yang ada disana.

Ayo Dukung Sepadang Hill

Kalau sudah tahu atau sudah pernah datang yuk dukung Sepadang Hill agar menjadi pemenang pada nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) pada tahun ini 2021 pada ajang pariwisata terbaik Indonesia ke-6 tahun 2021. Sementara Sepadang Hill masuk nominasi kategori 10 Dataran Tinggi serta nominasi Pariwisata Daerah Terbaik Kategori 14 Dataran Tinggi. Nah bagai mana cara mendukungnya? Cara mendukungnya denga Vote Sebanyak-banyaknya dengan cara Ketik API 10G Kirim ke 99386 atau bisa juga vote di Instagram @ayojalanjalanindonesia dan di Chanel Youtube @apiaward. Voting ini dibuka mulai tanggal Kamis, 01 Juli 2021. Jangan sampai tempat wisata paforit mu tidak menang semua votingmu sangat berarti.

Nah bagaimana nih teman sejagat tertarik nggak untuk datang ke Bukit Sepancong Sepadang Hill Spot 2 ini, saya berharap teman semua tertarik untuk datang dan menikmati sensasi camping diatas awan. Semoga  artikel tentang Bukit Sepancong Bengkayang Lantas Nominasi API 2021 bisa menjadi referensi teman sejagat untuk berlibur ya. Akhir kata sampai jumpa

Daftar Artikel : Kuliner Bengkayang Wajib Untuk Kamu Ketahui

Penelusuran terkait
bukit sepancong mdpl,bukit sepancong spot 2,bukit jamur,bukit gampo berapa mdpl,bukit sepancung,bukit di bengkayang,ketinggian bukit jamur bengkayang,bukit bawang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*