Search

Category Archives: Bengkayang

Desain Grafis Bengkayang

Mengenal apa itu desain grafis, seberapa penting untuk dunia industri, untuk personal branding dan tujuan untuk para UMKM di Kabupaten Bengkayang

Sebelum kita lebih jauh untuk mengetahui apa itu desain grafis? memang akan lebih baik kita mengenal beberapa penting desain grafis untuk industri, untuk personal branding dan mengapa perlu untuk UMKM di Kabupaten Bengkayang memerlukan seorang desain grafis, sementara pendapatan tidak seberapa? untuk itulah di waktu yang tepat dan tempat yang tepat kita akan membahas beberapa permasalahan yang terjadi dan semua kita alami saat ini. Apa lagi dengan kondisi pandemi Covid-19 membuat kita memutar otak untuk berusaha menaikkan pendapatan agar usaha yang dijalankan tetap bertahan, agar usaha ini mempunyai masa depan yang lebih baik. Nah untuk itulah mari kita belajar bersama tentang desain grafis lewat artikel yang saya beri judul jasa desain grafis Bengkayang dan harga lebih murah.

Era sekarang adalah di era industri 4.0 yang mana memaksa kita untuk banyak berubah untuk mengenal berbagai industri dan produk-produk teknologi serta berhadapan dengan media sosial yang meraja lela sehingga banyak orang mengatakan “Jarimu adalah harimau mu” mungkin beberapa sebagian orang yang lambat menerima segala kemajuan perkembangan zaman seperti sekarang ini tentu tidak merasakan beberapa perubahan signifikan atas lajunya perkembangan dunia disetiap saat. Tentunya desain grafis menjadi peran penting untuk menjadi media dan mempublikasi baik itu berita, promosi, iklan, banner, kampanye dan lain-lain yang mana memberikan informasi tentang beberapa hal itu.

jasa desain grafis bengkayang

Definisi Desain Grafis

Sementara apa sih defenisi desain grafis itu sendiri? desain grafis atau bahasa sederhananya merancang grafis merupakan serangkaian proses berkomunikasi menggunakan elemen visual seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi dengan tujuan memberikan presepsi suatu pesan yang ingin disampaikan kepada orang lain yang melihatnya dengan peran penting proses komunikasi visual dan desain komunikasi.

Baca Juga : Desain Grafis Singkawang dan menerima jasa untuk belajar

Kemudian Desainer grafis membuat dan menggabungkan beberapa simbol, gambar dan juga teks untuk membentuk sebuah gagasan dan pesan secara visual. Penggunaan yang biasa kita lihat di kehidupan nyata desain grafis adalah seperti contoh desain perusahaan (logo/lambang dan merek), majalah, surat kabar, buku, desain lingkungan, periklanan, desain website, desain komunikasi, desain kemasan produk, desain sepanduk dan sekarang ini sudah merambah ke desain postingan ke media sosial untuk promosi produk yang di jual atau di tawarkan.

Nah sejauh ini seberapa penting desain grafis untuk UMKM di Kabupaten Bengkayang? dengan perkembangan media seperti sekarang ini tentunya desain grafis sangat berperan penting dalam menjalankan kegiatan UMKM. Pertama semenjak pandemi covid-19 rumah makan hanya melayani take away, masyarakat tidak makan ditempat menjadikan masyarakat malas berbelanja di lapak-lapak para usaha UMKM dan mengakibatkan penurunan penjualan, kemudian munculah berjualan online seperti marketplace dan naik sedikit penjualan. Tetapi ini yang dialami para UMKM baru pastinya butuh promosi agar banyak orang tahu, sementara kegiatan masyakat diabatasi akibatnya masyarakat malas untuk belanja diluar.

Oleh sebab itu memang satu solusi bagi para UMKM di Kabupaten Bengkayang memerlukan desain grafis untuk menjalankan segala bentuk promosi, seperti membuat spanduk, x-banner dan membut desain promosi di sosial media agar menarik pembeli untuk membeli barang yang di tawarkan, jadi desain grafis memang sangat penting dalam mempromosikan apa yang dilakukan oleh UMKM. Kembali lagi ke pada topik di atas, setinggi apapun biaya juga energi yang kamu keluarkan untuk memasarkan suatu produk maupun jasa yang kamu kelola, jika konten yang kamu sebarkan atau kamu postingkan tidak menarik bagi para pengguna media sosial, bisa saja pemasaran tersebut menjadi sia-sia.

Ini alasan mengapa kita harus menggunakan desain grafis untuk UMKM ketika saat memposting dan mencetak untuk mempromosikan barang yang akan di jual.

1. Warna Desain

Tidak hanya musik serta film saja yang dapat pengaruhi emosi teman sejagat, tetapi nyatanya warna pula. Dikutip dari web International Design School, bagi novel bertajuk‘ Colour Therapy,’ warna bisa pengaruhi emosi, tenaga, serta bisa dijadikan selaku perlengkapan bantu komunikasi nonverbal( tidak memakai perkata).

Ada banyak sumber yang mengenali guna, makna, pula khasiat dari sebagian warna secara khusus. Bila dihubungkan dengan metode marketing serta story- telling yang umumnya dipakai oleh mayoritas online shop, bagi web bisnis Buffer, warna bisa dikategorikan serta digunakan cocok maknanya ialah:

Warna Merah, selaku warna yang melambangkan tenaga pula urgensi.

Warna Oranye, yang kerap diketahui selaku warna logo salah satu marketplace populer di Indonesia, bisa menampilkan kesan kasar.

Warna Kuning, melambangkan cerita optimis serta pula youthful( bertabiat muda).

Warna Hijau, sama semacam warna universal duit, bisa berikan kesan kekayaan pula relaksasi.

Warna Biru, dapat dimaksud selaku lambang keyakinan serta keamanan.

Sebaliknya web 99designs( layanan desain grafis) menarangkan kalau manusia bisa merasakan sebagian emosi serta perasaan, dengan cuma memandang sebagian warna. Teman sejagat bisa merasa bertenaga ataupun bergairah, dikala memandang warna merah serta oranye. Di sisi yang lain, warna hijau bisa membuat kamu merasa optimis serta fresh. Tidak ketinggalan, warna ungu pula hendak membuat kamu merasa kreatif kala mengenakan ataupun memandangnya.

Banyaknya data tentang arti serta khasiat warna untuk manusia bisa teman sejagat manfaatkan buat strategi pemasaran. Semacam mulailah membuat rencana pengguna warna desain yang cocok dengan ciri pula karakter pelanggan toko milikmu. Siapa tau, mereka suka dengan nuansa warna desain konten- konten teman sejagat, kan? Perihal ini dapat banget nih, dijadikan senjata buat menaikkan angka followers.

2. Menjadi daya tarik pembeli bahkan pelangan

Tiap tipe medsos mempunyai pengguna yang karakteristiknya berbeda- beda. Konten yang digunakan tiap platformnya pula pasti silih berbeda, semacam Instagram yang lebih fokus dengan tipe konten gambar ataupun video, Twitter dengan konten tulisan pendek, pula TikTok dengan konten videonya.

Terus menjadi konten teman sejagat menarik serta sesuai buat pelanggan yang teman sejagat tuju, terus menjadi bisa jadi pula pelanggan hendak menggemari konten tersebut. Perihal ini bisa teman sejagat tunjukkan pula dengan membuat desain konten yang unik, indah, serta gampang dipahami oleh para konsumen. Jangan hingga hiasan dalam satu artikel sangat banyak, sampai- sampai orang yang memandang konten tersebut pula bimbang, ingin amati tulisan ataupun foto yang mana dahulu.

Tetapi, jangan hingga pula desain konten teman sejagat sangat hening, serta membuat pelanggan jadi bosan. Seimbangkan saja antara data yang mau teman sejagat sampaikan dengan tulisan ataupun desain visualnya.

3. Mempermudah transaksi calon pembeli

Akumulasi interaksi serta angka pengikut medsos sesuatu online shop pula bisa tingkatkan angka pembelian pelanggan. Mengapa begitu? Sebab followers di medsos bisa jadi calon pembeli yang potensial.

Buat merubah followers akun medsos usaha jadi pelanggan setia, teman sejagat perlu tingkatan konsistensi yang besar dalam menghasilkan konten- konten secara aktif dengan desain yang kreatif pula. Biar followers terus menjadi yakin dengan mutu bisnis yang teman sejagat rintis ini.

Terus menjadi aktif toko online teman sejagat, terus menjadi aktif pula pengguna medsos bisa melirik serta menjajaki akun tersebut. Keaktifanmu dalam memproduksi konten yang menarik, menghibur, serta berguna untuk orang yang melihatnya pula bisa mempermudah seorang buat jadi calon pelanggan setia di tokomu!

Tetapi memangnya buat memperoleh banyak pelanggan, desain yang wajib menggunakan akun online shop, UMKM dan penjualan online gimana? Apakah wajib senantiasa lingkungan serta penuh warna? Ataupun yang simpel saja? Nah, jika teman sejagat kerap menanyakan hal- hal tersebut, mungkin besar teman sejagat tertarik dengan desain grafis! Daripada penasaran, mari belajar di mari tanya-tanya kepada kami agar mendapatkan informasi yang lebih jelas dan kami senantiasa membantu teman sejagat semanya. Untuk link tertera pada nomor whatsapp di bawah ini semoga kami dapat membantu teman sejagat semuanya dengan atrikel Jasa Desain Grafis Bengkayang dan Harga Lebih Murah, akhir kata kami ucapkan terima kasih. Jangan lupa link di bawah ini

whatsapp charis dominggus desain grafis bengkayang

Wisata Bengkayang

Memang sangat sedikit sekali yang mengetahui apa saja wisata Bengkayang yang paling banyak dan wisatawannya berasal dari daerah lain di Indonesia bahkan sampai para wisatawan mancanegara manapun. Untuk itulah sangat menarik tentunya untuk kita bahas dan teman sejagat semuanya untuk mengetahuinya, seperti pepatah Tak kenal maka tak sayang, ya tak sayang makanya tidak kawin-kawin, hahahaha nah semakin kita tahu tentang Kabupaten Bengkayang maka kita semakin cinta dan banyak wawasan yang dapat kita terima. Nah ada berapa sih tempat wisata Bengkayang sehingga ada beberapa tempat wisatanya ada yang paling terkenal dan viral ke negara-negaralain, Pada saat aku nulis ini aja hanya beberapa saja yang begitu aku tahu oleh karena sambil mencari-cari infolainnya. Nah semoga artikel yang diberi tema “wisata Bengkayang paling terbaik dan viral di Indonesia dan Mancanegara” ini dapat membuat kita semakin cinta Indonesia, Daerah, Budaya dan Lingkungan sekitar kita.

Bengkayang memang sangat istimewa banget, mengapa tidak Kabupaten Bengkayang sangat berbeda dengan daerahlain seperti kabupaten-kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat ini, memiliki kekayaan alam yang melimpah, potensi wisatanya banyak, laut dan wisata baharinya ada dan berbagai budaya ada serta beragam. Seperti yang saya sebutkan ini Bukit Sepancong Bengkayang, Pulau Randayan Bengkayang, Riam Merasap Bengkayang apa lagi kalau kita tahu sejarah Bengkayang pada masa silam dengan pusat tembang emas terbanyak ketika pada zaman Kesultanan Sambas pada masa itu, tentunya Masyarakat Bengkayang harus bangga dengan aset alam yang luar biasa ini.

Apalagi dengan istimewanya Kabupaten Bengkayang berbatasan darat dan aksesnya langsung ke negara tetangga Indonesia yaitu Negara Malaysia, ketika aku menuliskan ini semangat kupun bergelora dan ingin mengatakan “wahai pemuda Bengkayang lihatlah dan bukalah matamu, apa yang bisa kamu perbuat untuk Kabupaten Bengkayang mu tercinta” tidak selamnya kita harus menegadah kelaingit untuk berharap akan ada keajaiban serta berkah yang turun mesti harus dengan langkah kecil dan semangat yang optimis ayo.. jangan terlena.

Setelah berpanjang-panjang kata diatas aku berharap tulisan ini tidak menjadi bosan untuk dibaca dan telusuri dan berikut dibawah ini nanti kita akan bahas beberapa wisata yang terkenal, terbaik dan viral yang ada di Kabupaten Bengkayang baik itu di Kalimantan Barat, Indonesia dan di Negara-negaralain.

1. Upacara Adat Nyobeng

Menurut wikipedia Ritual Adat Nyobeng ini adalah sebuah upacara penghormatan terhadap hasil ngayau (mengayau) yang dilakukan oleh suku-suku Dayak pada zaman dulu yang dilakukan oleh semua suku Dayak untuk mempertahankan koloni atau wilayah mereka tetapi pada zaman sekarang itu sudah tidak ada lagi, kemudian ditaruh di rumah balug dan pada saat nyobeng ini lah merupakan ritual memandikan atau membersihkan tengkorak hasil dari mengayau pada zaman nenek moyang mereka dan upacara Adat Nyobeng ini dilakukan oleh Masyarakat Suku Dayak Bidayuh, di Dusun Sebujit, Hli Buei, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang.

Nyobeng Wisata Bengkayang

Kegiatan Nyobeng ini dilakukan setiap tahun, pada zaman sekarang upacara adat ini dilakukan menjadi sebuah tanda perdamaian yang mencakup perdamaian Suku Dayak Bidayuh serumpun baik itu yang ada di Indonesia bahkan di Malaysia pada setiap upacara adat nyobeng. Segingga menambah wisatawan dari luar negeri (warga Malaysia). Kalau teman segat ke sini dapat mengikuti ritual adat ini selama tiga hari dan biasanya ritual adat di dilaksanakan pada tanggal 15-an hingga 17 pada bulan Juni, nah disana selain dapat menyaksikan langsung upacara adat nyobeng ini teman sejagat juga dapat menyaksikan berbagai atraksi olah raga, permainan daerah dan berburu kuliner yang ada, Wah seru bukan? selain dapat pengalaman baru, dan pastinya menambah teman baru, hmmm siapa tahu teman sejagat bisa dapat jodoh, hehehe kemudian.

2. Bukit Jamur

Memang sesuai namanya sejak 2014 akhir tempat wisata ini sudah tersebar dan menjamur dimana-mana informasi tempat wisata yang sangat indah ini. Dengan hamparan berbatuan yang ada di atas bukit ini menjadi daya tarik oleh para wisatawan untuk berfoto pada saat berada di Bukit Jamur. Untuk pendakiannya memang tidaklah mudah jika tanpa persiapan fisik yang maksimal dan tidak semua orang bisa, ya segala usaha yang sukar memang mendatangkan kenikmatan yang indah pula. Seperti jika ke Bukit Jamur ketika dipuncak segala kepenatan pasti terbayarkan dengan pemandangan yang begitu indah.

Bukit Jamur ini berada di Desa Belangko, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia memiliki ketinggian kurang lebih 500 mdpl dan jalur pendakiannya yaitu melewati area perkebunan masyarakat yang ada di Desa Belangko, Jika teman sejagat melewati jalur dari Desa Belangko teman sejagat hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua jam perjalanan.

Wisata Bengkayang Bukit Jamur

Apa sih yang teman sejagat dapati ketika sudah sampai di Bukit Jamur ini, disana teman sejagat merasakan bak negeri di atas awan dan hamparan sawah yang menghijau ketika malam hari tak terhitung banyaknya bintang-bintang di langit menghiasi bukit ini yang pastinya setelah lelah mendaki bukit ini pastinya terbayarkan dengan pemandangan yang indah.

Memang namanya adalah Bukit Jamur tetapi kenyataannya tidak ada jamur yang memang khusus tumbuh di bukit ini. Jika dari sejarah Bukit Jamur Bengkayang ini adalah merupakan salah satunya tempat tumbuhnya jamur akibat dari hasil pembakaran ladang oleh masyarakat setempat segingga satu persatu warga menamainya adalah bukit jamur.

3. Kampung Kreatif Jagoi Kindau

Kampung kreatif Jagoi Kindau berada di Dusun Kindau, Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia pada tahun 2020 yang lalu Kampung Kreatif ini menjadi salah satu nominasi Anugrah Pesona Indonesia dengan kategori wisata belanja terpopuler. Kampung kreatif Jagoi Kindu ini merupakan salah satu kampung kreatif yang telah ditetapkan dan secara resmi oleh Bupati Bengkayang, oleh karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Malaysia yaitu di Pasar Serikin Sarawak. Oleh sebab itulah menjadi faktor selalu habis terjual setiap dagangan masyarakat Kabupaten Bengkayang yang menjual dagangannya, tentunya ini menjadi daya jual dan meningkatkan ekonomi bagi masyarakat Kindau dan sumber minatnya wisatawan yang datang baik itu untuk melihat bahkan sampai dengan membeli.

Kampung Kreatif Jagoi Kindau

Di Kampung Kreatif Jagoi Kindau dikelola oleh Pokdarwis pada tahun 2020 awal dengan peran penting Pokdarwis ini melakukan pengelolaan kegiatan wisata hingga kerajinan mengayam. Sementara lembaga ekonominya berasal dari Bumdesma Desa Sekida kemudian tergabung lagi ada enam desa yang meliputi Jagoi, Sekida, Kumba, Gersik, Sinar Baru dan Semunying Jaya.

Hasil produksi Kampung Kreatif Jagoi Kindau yang paling diminati yaitu Takin dan diartikan kedalam bahasa Jagoi yaitu “Juah” Takin merupakan salah satu kerajinan yang berbahan dasar dari rotan berbentuk tabung kemudian diberi tali untuk mengambing atau mengendongnya untuk membawa berbagai barang seperti bekal sampai ke hasil panen dari kebun atau ladang. Nah disana bukan hanya Takin saja yang dijual melainkan ada tas, dompet, pajangan dinding, tudung saji, kotak tisu sampai dengan berbagai bentuk aksesoris lainya. Ya semoga teman sejagat bisa ke sini ya dan kita bisa ketemu.

4. Tanggi Rafting Riam Pangar

Tanggi Rafting yang ada di Riam Pangar juga menjadi salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) pada tahun 2020 pada kategori Wisata Air Populer, bangga nggak tuh dimana beberapa destinasi Wisata Bengkayang pernah masuk nominasi API harapannya beberapa destinasi wisata ini agar terus berkembang sehingga dapat menarik wisatawan daerah dan wisatawan mancanegara.

Nah dimana sih lokasi Riam Pangar ini? Tanggi Rafting Riam Pangar ini berada di Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. bagi teman sejagat yang buka di wilayah Provinsi Kalimantan Barat tentunya dapat pergi melewati Kota Pontianak karena dapat mengunakan pesawat dan jadwal penerbangannya juga sudah banyak ke daerah-daerah di Indonesia, setelah berada di Pontianak teman sejagat dapat menggunakan mobil atau sepeda motor ke Riam Pangar ini dan menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam dari Kota Pontianak.Tanggi Rafting Riam Pangar
Untuk akses lebih dekat melewati Kecamatan Sanggau Ledo, pas di persimpangan simpang empat sanggau ledo teman sejagat selanjutnya menuju ke Riam Pangar sekitar 20 menit dan sampai dengan sekarang untuk masuk Rp 5.000/orang dan biaya parkir mobil hanya Rp 10.000, segala fasilitas di Riam Pangar aku rasa sudah cukup lengkap dengan adanya toilet, tempat ganti pakaian hingga kantin yang ada di lokasi Riam Pangar ini. Disini teman sejagat dapat melakukan oleh raga air yang cukup ekstrim seperti arung jeram yang diberi nama Tanggi Rafting.

5. Sepadang Hill (Bukit Sepancong Spot 2)

Sepadang Hill yang kita kenal dengan Bukit Sepancong Spot 2 berada di Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia yang juga masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia pada tahun 2021 di kategori 10 Dataran Tinggi serta nominasi Pariwisata Daerah Terbaik kategori 14 Dataran Tinggi. Sungguh keren ya Kabupaten Bengkayang memiliki alam yang indah, tentunya menjadi satu kebanggan tersendiri bagi Kabupaten Bengkayang menjadi nominasi pada API 2020 sampai 2021 salah satu tempat wisatanya.
Sepadang Hill Bukit SepancongBukit yang dikenal dengan Bukit Sepancong Bengkayang ini memiliki ketinggian kurang lebih 400-500 mdpl dari permukaan laut, tentunya wisata yang memiliki ketinggian ini tidak semua orang dapat pergi dan sampai dipuncaknya, hmmm tetapi beberapa waktu yang lalu Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, S.E., M.M. bersama istri dan rombongan sudah pernah sampai ke puncak bukit sepancong ini dalam rangka upaya dukungan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat dan seluruh Indonesia untuk mendukung Sepadang Hill menjadi pemenang dalam ajang API 2021.

Apa sih yang dapat teman sejagat saksikan ketika berada di Bukit Sepancong (Sepadang Hill) teman sejagat dapat merasakan camping berada diatas awan dan mengabadikan foto di spot foto tangan di sebelah kiri dan kanan Bukit Sepancong dan ketika saat awan menghilang teman sejagat dapat melihat bentangan sawah dan perbukitan di wilayah Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas hijau membentang. Ya kalau bagi aku level pendakiannya sih di level sedang yang penting niatnya, ketika sudah sampai di puncak tentunya terbayarkan dengan pemandangan yang indah. Apa lagi dengan posisi camping menghadap langsung dengan Gunung Bawang Bengkayang menjadikan pendakian mu berarti sampai tidak mau pulang, hehehe

Baca Juga : Lirik Lagu Dayak Ganteng Oleh Tino Ame
Baca Juga : Dayak Janjola Lagu Dayak Kanayatn Oleh Tino Ame

Penelusuran terkait
bukit sepancong bengkayang | air terjun bengkayang | pulau randayan bengkayang | peta bengkayang | bukit bengkayang | riam bengkayang | riam merasap bengkayang | hotel di bengkayang
Bukit Sepancong

Kenalan dulu yuk dimana sebenarnya Bukit Sepancong dan Sepadang Hill yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021

Beberapa hari yang lalu seluruh masyarakat Kalimantan Barat khususnya di masyarakat Kabupaten Bengkayang berita ini begitu hangat sekali dan sangat menggembirakan bagi masyarakat Kabupaten Bengkayang dimana salah satu destniasi wisata yang baru-baru ini hangat dibicarakan diberbagai media masa bahkan mulut kemulut masyarakat, oleh karena destinasi wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata yang masuk pada nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API). Tentunya bukan hanya masyarakat Kabupaten Bengkayang saja yang bangga bahkan seluruh Kalimantan Barat, mungkin se-Indonesia bangga dengan pesona alam Indonesia yang memesona ini.

Indonesia merupakan wilayah rentangan pulau-pulau terbanyak yang ada di dunia ini dimana segala kekayaan alam yang melimpah ruah dan alamnya yang indah sehingga sehingga sudah sepantasnya Indonesia kaya. Dalam hal ini pada saat saya menuliskan tentang Bukit Sepancong Sepadang Hill Spot 2 saya bangga sudah pernah pergi kesana dan biasanya ketika pulang kampung dibawah bukit ini saya memandang keatas untuk menikmati atau sekedar melihat bukit sepancong dari bawah.

Menurut saya pribadi dan beberapa teman-teman yang sudah saya ajak ke sini mereka sangat kagum dengan keindahan alam dan pemandangan dari atas Bukit Sepancong Sepadang Hill Spot 2 ini, Seperti Oji Romansyah teman saya yang sudah saya ajak ke Sepasang Hill, dia sempat berbisik ketika kami berdua saja mendaki bukit sepancong “Nggak nyangka di Bengkayang ada tempat wisata yang begitu indah” katanya waktu itu.

Memang jarang sekali para pendaki dan masyarakat disana menyebutkan nama tempat ini adalah sepadang hill spot 2, masyarakat disini sering menyebutnya adalah Bukit Sepancong. Tidak begitu tahu juga mengapa disebut dengan bukit sepancong atau bahkan Sepadang Hill. Menurut hemat saya mengapa disebut bukit sepancong karena sebagian daerahnya hanya ditumbuhi rumput ilalang dan hanya pohon-pohon kecil yang tumbuh dan kaitannya dengan Sepadang Hill ya mungkin karena seperti yang dibahas diatas tadi bukit ini hanya ditumbuhi padang atau alang yang tinggi-tinggi sedikit pohon bisa saja itu alasannya.

Sepadang Hill

Lokasi Bukit Sepancong

Nah Bagi teman sejagat yang inigin pergi ke Sepadang Hill Spot 2 tentunya perlu mengetahui dimana letaknya atau sekedar mencari disosial media atau pun mencari di google Bukit Sepancong dimana, ini nih aku kasih tahu dimana tempatnya Sepadang Hill berada di Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia.

Memang daerah Kabupaten Bengkayang merupakan dataran tinggi sehingga lokasi dari bukit sepadang hill ini merupakan barisan dan sekaligus berhadapan langsung dengan Gunung Bawang. Kalau teman sejagat datang ke Kabupaten Bengkayang sudah pasti nampak gunung yang tinggi menjulang dengan pohon-pohon yang masih terjaga itulah Gunung Bawang, sedangkan disebelah belakang sepadang hill sendiri  ada Gunung Pandan dan beberapa desa dibelakang tidak jarang kalau sudah pagi terdengar sayupan ayam berkokok di belakang sepadang hill spot 2 ini.

Ketinggian Bukit Sepancong

Untuk menentukan gunung atau perbukitan memang salah satunya adalah ketinggian dataran tinggi dari lautan. Sedangkan bagaimana dengan ketinggian dari sepadang hill.? Sepadang hill spot 2 ini memiliki ketinggian kurang lebih 400 – 500 mdpl dari permukaan laut. Dengan ketinggiannya yang sedang ini tidak jarang pengunjung sangat berantusias untuk berkunjung, disetiap sabtu dan minggu sepadang hill ini selalu ramai dikunjungi baik itu wisatawan dari Kabupaten Bengkayang sendiri bahkan lebih banyak dari Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak tetapi semenjak pandemi Covid-19 seperti sekarang ada beberapa aturan berkunjung, wisatawan yang naik tidak lebih dari 100 orang, pendaftaran pendakian melalui whatsapp dan bagi wisatawan yang akan mendaki tetap mematuhi protokol kesehatan.

Cara Pergi Ke Bukit Sepancong

Pastinya kalau sudah masuk nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) tentunya sengat menarik untuk berkunjung di Sepadang Hill dan teman sejagat perlu atur nih kapan libur dan sudah boleh atur tanggal bersama teman-teman untuk pergi.

Nah bagaimana sih caranya pergi ke Bukit Sepancong Sepadang Hill Spot 2 ini? bagi teman sejagat yang belum tahu dan perlu mengetahui nih bagai mana untuk pergi, apa saja yang perlu dipersiapkan baik individu bahkan keperluan kelompok terutama agar tidak tersesat atau keteteran pada saat mendaki. Adapun cara pergi adalah sebagai berikut : Pertama teman sejagat sebelum pergi pastikan anggota tim yang akan ikut jangan lupa tentukan tanggal kapan akan berangkat dan daftar nama, setelah itu hubungi deh pengelola Sepadang Hill Spot 2. Pada saat keberangkatan pastikan teman sejagat membawa tenda dan peralatan camping seperti alat memasak dan jangan lupa bawa botol besar untuk keperluan air bersih pada saat diatas bukit, karena sumber air bersih lumayan jauh dari tempat perkemahan. Ketika sudah sampai di Desa Cipta Karya dan masuk gerbang Sepadang Hill teman sejagat daftar lagi anggotanya dan membayar parkir kendaraan, untuk tiket masuk teman sejagat hanya membayar Rp 10. 000/orang dan jika teman sejagat mengunakan kendaraan bermotor hanya dikenakan Rp 10.000/Motor jikalau menggunakan kendaraan roda empat dikenakan Rp. 20.000/ kendaraan.

Jika teman sejagat masih belum tahu dan membutuhkan porter teman sejagat bisa memesan pada penjaga pintu masuk, untuk biaya saya sendiri tidak tahu untuk harga sekali pengantaran. ow ia bagi teman sejagat yang membawa mobil dapat menyimpan mobil di dekat jalan raya singkawang bengkayang tenang tidak perlu takut dijamin aman karena disana sudah ada yang menjaga, bagi teman yang menggunakan motor teman sejagat bisa masuk sampai di tempat gerbang masuk Sepadang Hill.

Fasilitas Apa Yang ada di Sepadang Hill

Nah apa saja fasilitas yang ada di Sepadang Hill ketika saya disana melihat berbagai fasilitas yang ada pada saat mendaki ataupun turun terdapat pencuran air, kolam untuk bersih-bersih dan bisa ambil air untuk perjalanan sebelum sampai ke puncak ada juga beberapa pos tempat istirahat sebelum sampai dipuncak teman sejagat bisa menggambil air yang ada di pancuran yang telah disediakan nah pada saat itulah teman sejagat bisa isikan botol untuk keperluan memasak dan air bersih pada saat di puncak. Pada saat dipuncak ada beberapa fasilitas seperti area perkemahan, toilet, meja kayu dan bangku kayu untuk santai ada juga ayunan, ada juga tempat berfoto bentuk tangan di sebelah kiri dan kanan bukit dan disana juga ada langko atau tempat kecil bangunan permanen yang dibuat untuk penginapan mewah sepertinya, hehehe. nah itu saja yang saya lihat fasilitas yang ada disana.

Ayo Dukung Sepadang Hill

Kalau sudah tahu atau sudah pernah datang yuk dukung Sepadang Hill agar menjadi pemenang pada nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) pada tahun ini 2021 pada ajang pariwisata terbaik Indonesia ke-6 tahun 2021. Sementara Sepadang Hill masuk nominasi kategori 10 Dataran Tinggi serta nominasi Pariwisata Daerah Terbaik Kategori 14 Dataran Tinggi. Nah bagai mana cara mendukungnya? Cara mendukungnya denga Vote Sebanyak-banyaknya dengan cara Ketik API 10G Kirim ke 99386 atau bisa juga vote di Instagram @ayojalanjalanindonesia dan di Chanel Youtube @apiaward. Voting ini dibuka mulai tanggal Kamis, 01 Juli 2021. Jangan sampai tempat wisata paforit mu tidak menang semua votingmu sangat berarti.

Nah bagaimana nih teman sejagat tertarik nggak untuk datang ke Bukit Sepancong Sepadang Hill Spot 2 ini, saya berharap teman semua tertarik untuk datang dan menikmati sensasi camping diatas awan. Semoga  artikel tentang Bukit Sepancong Bengkayang Lantas Nominasi API 2021 bisa menjadi referensi teman sejagat untuk berlibur ya. Akhir kata sampai jumpa

Daftar Artikel : Kuliner Bengkayang Wajib Untuk Kamu Ketahui

Penelusuran terkait
bukit sepancong mdpl,bukit sepancong spot 2,bukit jamur,bukit gampo berapa mdpl,bukit sepancung,bukit di bengkayang,ketinggian bukit jamur bengkayang,bukit bawang
Kuliner Bengkayang

Kuliner Bengkayang Apa saja yang bisa kamu ketahui?

Kuliner Bengkayang – Sebelum kita lebih jauh untuk mengetahui tentang berbagai jenis kuliner khas bengkayang. Pastinya sering menjadi pusat perhatian para wisatawan pada saat berkunjung ke Kabupaten Bengkayang apalagi dengan proses pembuatannya yang begitu unik sehingga manjadi menarik untuk saya ulas sekarang untuk para teman sejagat. Tentunya menyisakan cita rasa yang menjanjikan dan susah dilupakan dalam benak begitu mencicpinya.

Bengkayang memang banyak memiliki makanan khas yang  lezat-lezat, semua cita rasanya berbeda dengan makanan khas pontianak secara khususnya wilayah Kalimantan Barat dan apa saja sih makanan khas bengkayang yang beragam dan mari kita tahu apa saja, berikut daftar makanan dan kuliner faporit di Bengkayang.

Pakating Kuliner Khas Bengkayang

Pakating Kuliner Khas Bengkayang

Pakating merupakan makanan hasil dari fermentasi buah tapos (Kelampai/Rape Bahasa Dayak) biasanya masayarakt Dayak selain bahan bakunya dari buah tapos mereka membuat pakating ini dari biji karet yang sudah mengering dan jatuh ke tanah kemudian dikupas kulitnya selanjutnya direbus sampai matang kemudian langsung deh diberi garam kasar agar pada saat dipermentasi buah tapos/kelampainya tidak menjadi busuk.

Setelah didiamkan diwadah yang tertutup dan tidak terkena sinar matahari lagsung selama kurang lebih 3 hari bahkan 1 minggu maka baru lah disiapkan untuk menjadi makanan pakating ini. Jangan kawatir teman sejagat bila bau pakating ini sebelum dimasak sangat menyengat pada saat setelah dimasak aroma dan rasanya lezat

Tempoyak

Sejauh ini apakah teman sejagat sudah tau juga hobby dengan kuliner yang satu ini yaitu tempoyak. Tempoyak adalah makanan yang tidak terpisahkan dengan yang namanya buah durian, ya karena bahan dasarnya adalah dari buah durian yang sudah matang diambil daging buahnya kemudaian diberi garam kasar setelah itu disimpan kedalam wadah kedap udara agar fermentasinya menjadikan tempoyak yang lezat.

Dari tempoyak sendiri dapat disajikan kedalam beberapa jenis masakan lezat menguguah selera makan teman sejagat semuanya. Biasanya olahan masakan dengan tempoyak hampir dimasak bersamaan dengan lauk-pauk seperti masak Gulai dengan tempoyak, Sambal Udang dengan Tempoyak, Sambal Ikan Teri masak tempoyak, sambal petai dengan tempoyak dan bahkan dengan hanya tumis tempoyak bisa meningkatkan selera makan yang tinggi.

Pekasam Ikan (Tabah Icat’)

Pekasam Ikan atau kedalam bahasa dayaknya adalah Tabah Icat’n/Tabah Ikat merupakan salah satu makanan yang tidak terpisahkan dengan fermentasi. Pekasam ikan sendiri bahan utamanya adalah dari Ikan segar dan ikan berdaging pilihan yang kemudian digarami selanjutnya diberi garam terakhir disimpan kedalam wadah kedap udara, sehingga tidak masuk lalat yang membuat tabah icat’n ini gagal.

Apa sih yang melatar belakangi kuliner lezat bengkayang ini. Oleh sebab di Kabupaten Bengkayang banyak masyarakat dayak yang merupakan mata pencahariannya adalah bertani jadi setiap kepala keluarga memiliki sawah, sebelum akan bercocok tanam sawah mereka dijadikan pegung atau waduk sehingga banyaklah ikan. Ketia pada saat waktunya akan bercocok tanam pegung/waduk tersebut di kuras dan biasanya satu kampung diundang untuk menangguk ikan/mengambil ikan di waduk tersebut. Oleh karena biasanya hasil panen ikan tersebut terlalu banyak dan tidak mampu sekaligus dikonsumsi maka dibuatlah menjadi pekasam ikan/tabah icat’.

Sampai dengan sekarang ini cara untuk memasak dari tabah icat’ ini dengan ditumis dengan berbagai bumbu tergantung selera, lebih enaknya disajikan dengan rasa yang sedikit lebih pedas plus diberi jeruk sambal, hmmm lezat pastinya.

Kerabu Asam

Kerabu asam/ biasanya bahasa ini digunakan pada suku melayu di Kabupaten Bengkayang sedangkan kalau di dalam bahasa dayak mereka menyebutnya adalah sambal asam. Kerabu adalah merupakan sambal dari buah asam kemudian di cincang halus atau dibuat halus kemudian dicampur dengan sammbal terasi atau pun sambal yang di campur dengan ikan teri, dengan rasa pedas asam manis sehingga menjadi satu tentunya jika dimakan dengan nasi hangat sangat lezat

Bubur Gunting

Bubur gunting apakah buburnya terbuat dari gunting atau penyajiannya dengan gunting atau teman sejagat bisa menebaknya bagai mana nih tentang pertama mengetahui bubur gunting. Memang banyak sekali aneka bubur yang bisa kita temukan saat berkunjung ke bengkayang. Bubur gunting sebenarnya buka terbuat dari gunting atau bahkan penyajiannya dari gunting. Nah untuk menjawab itulah mari kita bahas.

Nah bubur gunting merupakan cakwe yang dipotong-potong dengan gunting oleh karena bentuknya yang panjang sehingga disebutlah sebagai bubur gunting. bubur gunting ini juga merupakan salah satu makanan faporit di bengkayang dengan rasanya yang segar dikala makannya di siang hari dengan campuran kacang kedelai kalau tidak kacang kedelai biasanya kacang hijau yang dikupas dan direbus sebelumnya kemudian direndam kedalam kuah kental manis bersama potongan cakwe

Biasanya di beberapa tempat yang menyediakan bubur gunting ini untuk satu prosi bubur gunting ini Rp. 10.000 hingga Rp 15.000 per porsinya.

Kue Kantong Semar

Kue kantong semar mungkin bisa dijadikan salah satu oleh-oleh kahas bengkayang yang bisa teman sejagat bawa setelah berkunjung dari Kabupaten Bengkayang. Kue yang satu ini bahan dasarnya adalah beras ketan yang direndam kemudian dimasukan kedalam kantong semar yang telah di dapatkan dari hutan.

Dahulu kue kantong semar ini merupakan salah satu makanan disetiap ada acara-acara tertentu oleh suku melayu yang ada di bengkayang, biasanya disajikan di dalam acara adat dan juga pada hari-hari raya islam.

Kue Tumpi Makanan Khas Bengkayang yang Lezat

Kue Tumpi Makanan Khas Bengkayang yang Lezat

Tumpi merupakan kue kahs bengkayang paling digemari oleh siapa saja. Bntuknya yang unik dan penyebutannya juga begitu unik, mengapa unik? kue tumpi merupakan kue dari rasa, bentuk dan cara pembuatnnya sama dengan cucur. kalau dilihat dari tekstur kue tumpi ini diberbagai daerah kabupaten bengkayang berbeda-beda tekstur dari kue tumpinya atau mungkin berbeda-beda selera ya.

Nah kalau ingin mencicipi dari kue tumpi ini biasanya pada acara-acara tertentu oleh masyarakat dayak yang ada di kabupaten bengkayang. Seperti acara adat, kawinan sampai di prosesi-prosesi lainnya. Kalau yang penulis lihat di kalangan orang dayak kue tumpi ini adalah persembahan yang paling diutamakan pada prosesi acara adat, kalau tidak ada biasanya tidak dapat digelar lah acara adat tersebut. Yang pastinya ada pilosofi tersendiri bagi suku dayak dalam acara adat harus adanya kue tumpi ini.

Bontok’ng (Sungkui) Makanan Khas Bengkayang

Bontok’ng adalah merupakan mekanan khas bengkayang yang memang jarang diketahui oleh karena pada saat pembuatan dan diperlukannya pada saat tertentu, biasanya pada saat upacara adat dan gawai padi. Bentuk dari Bontok’ng ini menyerupai lontong atau sungkui tetapi cara pembuatannya berbeda. Sedangkan cara penyajiannya hampir sama seperti lontong dengan cara dicampur dengan sayuran dan kuah sehingga terasa begitu lezat.

Biasanya Bontok’ng ini hanya disajikan pada acara gawai adat suku Dayak Bakati Rara, memang di suku dayak yang lainnya disajikan tetapi kalau di suku dayak lainnya hanya disajikan untuk persembahan kepada jubata/Tuhan. Berbeda di Suku Dayak Bakati Rara pada saat.

Pekasam Ikan (Tabah Ikat’ng)

Nah pekasam tentunya tidak lepas dengan makanan fermentasi yang bahan dasarnya adalah ikan. Apa sih Pekasam Ikan (Tabah Ikat’ng) tabah ikat’ng adalah makanan fermentasi ikan yang kebanyakan dibuat oleh Masyarakat Suku Dayak yang ada di Kabupaten Bengkayang. Nah kenapa sih bisa adanya tabah ikat’ng ini dengan dilatarbelakangi oleh adanya banyak pegung/tanggul yang di buat oleh masyarakat dayak pada saat habis panen padi disawah kemudian dibendunglah sawah biasanya diberikan berbagai bibit ikan juga, pada saat hendak mulai kembali bercocok tanam dibuka lah pegung/tanggul disawah, nah ikan hasil pegung yang berlimpah ini lah menjadi ide tabah ikat’ng.

Jadi bagai mana cara mengolah pekasam ikan ini menjadi makanan terlezat kuliner khas bengkayang. Tidak terlalu sulit mengolah tabah Ikat’ng ini cukup digoreng dengan berbagai bumu seperti bawang merah, bawang putih, cabai yang digoreng bersamaan dengan ikan hasil fermentasi, setelah itu diberi penyedap rasa secukupnya. Siap deh disajikan

Es Kacang Susu Minuman Khas Bengkayang

Bagaimana nih dengan Es Kacang Susu minuman khas bengkayang yang satu ini memang sering kita juga jumpai didaerah manapun seperti di Kota Singkawang, Kabupaten Sambas bahkan sering kita jumpai diwilayah Kalimantan Barat. Seperti di halnya di Kabupaten Bengkayang, es kacang ini merupakan minuman penghilang dahaga pada saat teriknya panas dan bahakan minuman setelah makan makanan yang berat.

Kalau pergi saat berkunjung ke Kabupaten Bengkayang tentunya banyak para pedagang yang menjual minuman yang satu ini dan tentunya harga lebih relatif ramah dikantong, selain menyehatkan penghilang dahaga juga ya.

Lemang Kuliner Bengkayang

Nah makanan yang satu ini paling ditunggu-tungu. Makanan yang terbuat dari beras ketan dan dimasak dengan lemang dengan cara dipanaskan dengan bara api sehingga beras yang ada didalam lemang menjadi masak. Lemang ini banyak kita jumpai pada saat acara tertentu seperti saat upacara adat, kawinan, hajatan dan acara-acara tertentu.

Rasanya yang gurih tidak lepas dari campuran santan kelapa yang dimasukan kedalam campuran beras ketan sehingga pada saat lemang ini sudah matang rasanya gurih, sedikit asin semua perpaduan rasa yang sangat lezat untuk kuliner bengkayang yang satu ini. Kalau teman sejagat ingin mendapatkan lemang ini pada saat berada di bengkayang datanglah pada saat kegiatan upacara adat dan kegiatan-kegiatan oleh suku dayak yang ada di kabupaten bengkayang.

Lempok Durian oleh-oleh khas bengkayang

Lempok Durian oleh-oleh khas bengkayang

Siapa sih yang tidak kenal dengan lempok durian, siapa nih teman sejagat yang belum mengetahui Lempok Durian. Lempok Durian adalah namalain dari dodol durian, makanan yang satu ini menjadi oleh-oleh khas bengkayang yang juga sangat digemari oleh masyarakat Bengkayang.

Dengan hasil panen durian yang berlimpah biasanya masyarakat bengkayang manjadikan makanan ini menjadi makanan paforit pada saat setelah panen durian. Tentunya lempok durian dari bengkayang memang enak-enak dikarenakan bahan yang dipilih untuk membuat lempok durian adalah dari durian yang telah benar-benar matang dan pilihan buah duriannya adalah durian terbaik. jadi pengen ya memcicipi oleh-oleh khas bengkayang yang satu ini.

Tace Icat

Apa sih itu Tace Icat memang banyak yang tidak tahu tentang tace icat apalagi masyarakat kabupaten bengkayang karena ini memang menjadi pertanyaan dan menimbulkan speksikulasi yang berbeda ketika mengetahui arti dari tace icat ini. Tace Icat adalah salah satu kuliner legendari dan lezat juga berasal dari bengkayang. Dengan pengolahannya yang unik kemudian difermentasikan. Sebenarnya arti dari Tace adalah tahi sedangkan icat adalah ikan bila diartikan adalah tahi ikan nah kok bisa dijadikan makanan dan mengapa bisa selezat itu, pastinya makanan ini dibuat oleh suku dayak bakati inyam mereka sangat ahli dalam membuat makanan ini manjadi enak tentunya bukan sembarang ikan yang tahinya bisa digunakan untuk membuat tace icat.

Tace icat ini terbuat dari campuran berbagai rempah dan bahan loh teman sejagat ada rebung, lengkuas daun serai dan yang menjadi nama dari bahan dasarnya adalah tahi ikan yang dicampur kemudian didiamkan selama beberapa hari sehingga menjadi tace icat dan siap untuk digoreng dan disajikan. Biasanya bagi sebagain orang yang salah perosedur dan pengerjaannya tidak bisa jadi oleh tace icatnya. Makanan ini menjadi makanan faporit di bengkayang dan penulis sendiri sangat menyukasinya disajikan dengan agak sedikit pedas plus dengan nasi hangat, hmmm lezat kebayang deh dilidah nikmatnya.

Tabarong

Memang yah kalau sudah pergi ke Kabupaten Bengkayang semua kuliner dan makanan khasnya pasti makanan fermentasi. Tetapi tetap unik dan lezat, tebarong merupakan salah satu makanan fermentasi yang terbuat dari rebung atau anak dari bambu dengan cara pengolahanya rebung di potong potong kemudian didiamkan selama beberapa hari didalam wadah yang kering dan tidak terkena cahaya matahari langsung. setelah rebung berwarna kehitaman berhasilah menjadi Tabarong dan siap untuk dimasak menjadi berbagai olahan masakan, biasanya tabarong dimasak dengan dicampur dengan daging ikan atau tulang sapi tergantung selera. Makanan ini sudah jarang dibuat oleh masyarakat karena tidak jarang yang berhasil untuk membuat tabarong ini, biasanya rebung yang dibuat menjadi tabarong ini berulat tentunya ini menandakan tidak berhasil dalam pembuatannya. pada saat ini hanya kalangan orang-orang tua saja yang pandai untuk membuatnya, tidak terbayang yah ternyata rebung dapat di olah menjadi berbagai masakan lezat

Insap Masum

Nah kalau insap Masum pastinya semua masyarakat Kabupaten bengkayang tahu masakan apa ini. Kembalim lagi dengan bahan dasarnya adalah rebung insap masum adalah rebung yang difermentasi sehingga terasa masam jadi maksudnya adalah insap adalah rebung dan masum adalah masam dalam bahasa dayak bakati.

Insap masum ini banyak masyarakat buat untuk sayur karena pengerjaanya juga yang simpel sehingga mudah untuk dibuat, jika teman sejagat mempunyai rebung mentah teman sejagat iris halus dan rendamkan kedalam air bersih dan biarkan beberapa malam jadi deh insap masumnya siap dimasak, baik itu dimapur dengan daging apa saja tentunya mantap betul. yuk datang ke Bengkayang untuk menikmati berbagai kuliner khas bengkayang yang lezat dan tentunya enak-enak.

Cupkup panjang sudah pembahasan ini semoga dengan pembahasan mengenai Kuliner Bengkayang Wajib Untuk Kamu Ketahui menjadi referensi masakan sahabat semua atau menjadi pilihan untuk merasakan beragam kuliner khas bengkayang. Akhir kata penulis ucapkan selamat membaca

Artikel Lainnya : Lirik Lagu Dayakng Janjiola Terlengkap Oleh Tino Ame
Artikel Lainnya : Lirik Lagu Dayak Ganteng Oleh Tino Ame

Penelusuran terkait :
makanan khas pontianak | makanan khas ketapang | pakating | makanan khas kapuas hulu | rumah makan bengkayang

Arung Jeram adalah merupakan salah satu olah raga extrim, siapa sangka disalah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bengkayang telah disediakan pasilitas arung jeram. Salah satu bentuk kerja sama antara Faji Kalbar dengan Pengelola Destinasi Wisata Riam Pangar.

Arung Jeram ini adalah merupakan fasilitas wisata kedalam Wisata Minat Khusus dan diresmikan langsung oleh Pemerintah Kabupaten Bengkayang Yohanes Budiman selaku pj Bupati Bengkayang.

Menurut Yohanes Budiman “Bengkayang merupakan Kabupaten yang istimewa yang mana Kabupaten Bengkayang sendiri mempunyai wisata yang lengkap kita punya pulau, pantai, kita punya bukit, kita punya Riam”

Adapun beberpa Harapannya bukan sekedar launching persoalan berikutnya adalah bagaimana kita bisa mengedukasikan masyarakat supaya bisa menjaga. Sehingga menjadi potensi yang bisa kita kembangkan melalui BUMDES. Sehingga tempat-tempat seperti ini selain benar-benar memberikan Manfaat bagi orang-orang yang berwisata juga memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Supaya mereka bisa meningkatkan perekonomiannya katanya.

Letak Riam pangar sendiri berada di Desa Pisak, Kec. Tujuh Belas, Kab. Bengkayang, riam pangar adalah salah satu riam yang berada diatas riam merasap namun tetap saja jalan masuk paling enak dan dekat adalah melalui Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang.

Bagi yang ingin tau, kapan Riam Pangar di buka untuk wisatawan lokal. Riam Pangar di buka sejak tahun 2014 adapun olah raga extrim arung jeram ini berkerja sama dengan Federasi Arung Jeram Indonesia (Faji) Kalimantan Barat sehingga menjadi daya tarik wisata Riam Pangar secara shususnya untuk wisata bengkayang.

Walau arung jeram ini merupakan olah raga extrim dan dengan penuh resiko, Faji membantu agar fasilitas sesuai dengan standar dapat dipastikan keamannya.

Adapun paket wisata arung jeram olahraga extrim ini telah disiapkan kedalam beberapa paket. Paket 3 Km dikenakan biaya 50 ribu rupiah dan paket 8 Km dikenakan biaya 120 ribu rupiah per paketnya.

Baca Juga : Wisata Bengkayang Yang Wajib di Kunjungi

Pencarian Lain :
riam merasap | riam bengkayang | riam di anjungan | riam merasap sambas | riam yang ada di sanggau ledo | riam budi | riam meresap | wisata bengkayang