Search

Kuliner Bengkayang Wajib Untuk Kamu Ketahui

Kuliner Bengkayang

Kuliner Bengkayang Apa saja yang bisa kamu ketahui?

Kuliner Bengkayang – Sebelum kita lebih jauh untuk mengetahui tentang berbagai jenis kuliner khas bengkayang. Pastinya sering menjadi pusat perhatian para wisatawan pada saat berkunjung ke Kabupaten Bengkayang apalagi dengan proses pembuatannya yang begitu unik sehingga manjadi menarik untuk saya ulas sekarang untuk para teman sejagat. Tentunya menyisakan cita rasa yang menjanjikan dan susah dilupakan dalam benak begitu mencicpinya.

Bengkayang memang banyak memiliki makanan khas yang  lezat-lezat, semua cita rasanya berbeda dengan makanan khas pontianak secara khususnya wilayah Kalimantan Barat dan apa saja sih makanan khas bengkayang yang beragam dan mari kita tahu apa saja, berikut daftar makanan dan kuliner faporit di Bengkayang.

Pakating Kuliner Khas Bengkayang

Pakating Kuliner Khas Bengkayang

Pakating merupakan makanan hasil dari fermentasi buah tapos (Kelampai/Rape Bahasa Dayak) biasanya masayarakt Dayak selain bahan bakunya dari buah tapos mereka membuat pakating ini dari biji karet yang sudah mengering dan jatuh ke tanah kemudian dikupas kulitnya selanjutnya direbus sampai matang kemudian langsung deh diberi garam kasar agar pada saat dipermentasi buah tapos/kelampainya tidak menjadi busuk.

Setelah didiamkan diwadah yang tertutup dan tidak terkena sinar matahari lagsung selama kurang lebih 3 hari bahkan 1 minggu maka baru lah disiapkan untuk menjadi makanan pakating ini. Jangan kawatir teman sejagat bila bau pakating ini sebelum dimasak sangat menyengat pada saat setelah dimasak aroma dan rasanya lezat

Tempoyak

Sejauh ini apakah teman sejagat sudah tau juga hobby dengan kuliner yang satu ini yaitu tempoyak. Tempoyak adalah makanan yang tidak terpisahkan dengan yang namanya buah durian, ya karena bahan dasarnya adalah dari buah durian yang sudah matang diambil daging buahnya kemudaian diberi garam kasar setelah itu disimpan kedalam wadah kedap udara agar fermentasinya menjadikan tempoyak yang lezat.

Dari tempoyak sendiri dapat disajikan kedalam beberapa jenis masakan lezat menguguah selera makan teman sejagat semuanya. Biasanya olahan masakan dengan tempoyak hampir dimasak bersamaan dengan lauk-pauk seperti masak Gulai dengan tempoyak, Sambal Udang dengan Tempoyak, Sambal Ikan Teri masak tempoyak, sambal petai dengan tempoyak dan bahkan dengan hanya tumis tempoyak bisa meningkatkan selera makan yang tinggi.

Pekasam Ikan (Tabah Icat’)

Pekasam Ikan atau kedalam bahasa dayaknya adalah Tabah Icat’n/Tabah Ikat merupakan salah satu makanan yang tidak terpisahkan dengan fermentasi. Pekasam ikan sendiri bahan utamanya adalah dari Ikan segar dan ikan berdaging pilihan yang kemudian digarami selanjutnya diberi garam terakhir disimpan kedalam wadah kedap udara, sehingga tidak masuk lalat yang membuat tabah icat’n ini gagal.

Apa sih yang melatar belakangi kuliner lezat bengkayang ini. Oleh sebab di Kabupaten Bengkayang banyak masyarakat dayak yang merupakan mata pencahariannya adalah bertani jadi setiap kepala keluarga memiliki sawah, sebelum akan bercocok tanam sawah mereka dijadikan pegung atau waduk sehingga banyaklah ikan. Ketia pada saat waktunya akan bercocok tanam pegung/waduk tersebut di kuras dan biasanya satu kampung diundang untuk menangguk ikan/mengambil ikan di waduk tersebut. Oleh karena biasanya hasil panen ikan tersebut terlalu banyak dan tidak mampu sekaligus dikonsumsi maka dibuatlah menjadi pekasam ikan/tabah icat’.

Sampai dengan sekarang ini cara untuk memasak dari tabah icat’ ini dengan ditumis dengan berbagai bumbu tergantung selera, lebih enaknya disajikan dengan rasa yang sedikit lebih pedas plus diberi jeruk sambal, hmmm lezat pastinya.

Kerabu Asam

Kerabu asam/ biasanya bahasa ini digunakan pada suku melayu di Kabupaten Bengkayang sedangkan kalau di dalam bahasa dayak mereka menyebutnya adalah sambal asam. Kerabu adalah merupakan sambal dari buah asam kemudian di cincang halus atau dibuat halus kemudian dicampur dengan sammbal terasi atau pun sambal yang di campur dengan ikan teri, dengan rasa pedas asam manis sehingga menjadi satu tentunya jika dimakan dengan nasi hangat sangat lezat

Bubur Gunting

Bubur gunting apakah buburnya terbuat dari gunting atau penyajiannya dengan gunting atau teman sejagat bisa menebaknya bagai mana nih tentang pertama mengetahui bubur gunting. Memang banyak sekali aneka bubur yang bisa kita temukan saat berkunjung ke bengkayang. Bubur gunting sebenarnya buka terbuat dari gunting atau bahkan penyajiannya dari gunting. Nah untuk menjawab itulah mari kita bahas.

Nah bubur gunting merupakan cakwe yang dipotong-potong dengan gunting oleh karena bentuknya yang panjang sehingga disebutlah sebagai bubur gunting. bubur gunting ini juga merupakan salah satu makanan faporit di bengkayang dengan rasanya yang segar dikala makannya di siang hari dengan campuran kacang kedelai kalau tidak kacang kedelai biasanya kacang hijau yang dikupas dan direbus sebelumnya kemudian direndam kedalam kuah kental manis bersama potongan cakwe

Biasanya di beberapa tempat yang menyediakan bubur gunting ini untuk satu prosi bubur gunting ini Rp. 10.000 hingga Rp 15.000 per porsinya.

Kue Kantong Semar

Kue kantong semar mungkin bisa dijadikan salah satu oleh-oleh kahas bengkayang yang bisa teman sejagat bawa setelah berkunjung dari Kabupaten Bengkayang. Kue yang satu ini bahan dasarnya adalah beras ketan yang direndam kemudian dimasukan kedalam kantong semar yang telah di dapatkan dari hutan.

Dahulu kue kantong semar ini merupakan salah satu makanan disetiap ada acara-acara tertentu oleh suku melayu yang ada di bengkayang, biasanya disajikan di dalam acara adat dan juga pada hari-hari raya islam.

Kue Tumpi Makanan Khas Bengkayang yang Lezat

Kue Tumpi Makanan Khas Bengkayang yang Lezat

Tumpi merupakan kue kahs bengkayang paling digemari oleh siapa saja. Bntuknya yang unik dan penyebutannya juga begitu unik, mengapa unik? kue tumpi merupakan kue dari rasa, bentuk dan cara pembuatnnya sama dengan cucur. kalau dilihat dari tekstur kue tumpi ini diberbagai daerah kabupaten bengkayang berbeda-beda tekstur dari kue tumpinya atau mungkin berbeda-beda selera ya.

Nah kalau ingin mencicipi dari kue tumpi ini biasanya pada acara-acara tertentu oleh masyarakat dayak yang ada di kabupaten bengkayang. Seperti acara adat, kawinan sampai di prosesi-prosesi lainnya. Kalau yang penulis lihat di kalangan orang dayak kue tumpi ini adalah persembahan yang paling diutamakan pada prosesi acara adat, kalau tidak ada biasanya tidak dapat digelar lah acara adat tersebut. Yang pastinya ada pilosofi tersendiri bagi suku dayak dalam acara adat harus adanya kue tumpi ini.

Bontok’ng (Sungkui) Makanan Khas Bengkayang

Bontok’ng adalah merupakan mekanan khas bengkayang yang memang jarang diketahui oleh karena pada saat pembuatan dan diperlukannya pada saat tertentu, biasanya pada saat upacara adat dan gawai padi. Bentuk dari Bontok’ng ini menyerupai lontong atau sungkui tetapi cara pembuatannya berbeda. Sedangkan cara penyajiannya hampir sama seperti lontong dengan cara dicampur dengan sayuran dan kuah sehingga terasa begitu lezat.

Biasanya Bontok’ng ini hanya disajikan pada acara gawai adat suku Dayak Bakati Rara, memang di suku dayak yang lainnya disajikan tetapi kalau di suku dayak lainnya hanya disajikan untuk persembahan kepada jubata/Tuhan. Berbeda di Suku Dayak Bakati Rara pada saat.

Pekasam Ikan (Tabah Ikat’ng)

Nah pekasam tentunya tidak lepas dengan makanan fermentasi yang bahan dasarnya adalah ikan. Apa sih Pekasam Ikan (Tabah Ikat’ng) tabah ikat’ng adalah makanan fermentasi ikan yang kebanyakan dibuat oleh Masyarakat Suku Dayak yang ada di Kabupaten Bengkayang. Nah kenapa sih bisa adanya tabah ikat’ng ini dengan dilatarbelakangi oleh adanya banyak pegung/tanggul yang di buat oleh masyarakat dayak pada saat habis panen padi disawah kemudian dibendunglah sawah biasanya diberikan berbagai bibit ikan juga, pada saat hendak mulai kembali bercocok tanam dibuka lah pegung/tanggul disawah, nah ikan hasil pegung yang berlimpah ini lah menjadi ide tabah ikat’ng.

Jadi bagai mana cara mengolah pekasam ikan ini menjadi makanan terlezat kuliner khas bengkayang. Tidak terlalu sulit mengolah tabah Ikat’ng ini cukup digoreng dengan berbagai bumu seperti bawang merah, bawang putih, cabai yang digoreng bersamaan dengan ikan hasil fermentasi, setelah itu diberi penyedap rasa secukupnya. Siap deh disajikan

Es Kacang Susu Minuman Khas Bengkayang

Bagaimana nih dengan Es Kacang Susu minuman khas bengkayang yang satu ini memang sering kita juga jumpai didaerah manapun seperti di Kota Singkawang, Kabupaten Sambas bahkan sering kita jumpai diwilayah Kalimantan Barat. Seperti di halnya di Kabupaten Bengkayang, es kacang ini merupakan minuman penghilang dahaga pada saat teriknya panas dan bahakan minuman setelah makan makanan yang berat.

Kalau pergi saat berkunjung ke Kabupaten Bengkayang tentunya banyak para pedagang yang menjual minuman yang satu ini dan tentunya harga lebih relatif ramah dikantong, selain menyehatkan penghilang dahaga juga ya.

Lemang Kuliner Bengkayang

Nah makanan yang satu ini paling ditunggu-tungu. Makanan yang terbuat dari beras ketan dan dimasak dengan lemang dengan cara dipanaskan dengan bara api sehingga beras yang ada didalam lemang menjadi masak. Lemang ini banyak kita jumpai pada saat acara tertentu seperti saat upacara adat, kawinan, hajatan dan acara-acara tertentu.

Rasanya yang gurih tidak lepas dari campuran santan kelapa yang dimasukan kedalam campuran beras ketan sehingga pada saat lemang ini sudah matang rasanya gurih, sedikit asin semua perpaduan rasa yang sangat lezat untuk kuliner bengkayang yang satu ini. Kalau teman sejagat ingin mendapatkan lemang ini pada saat berada di bengkayang datanglah pada saat kegiatan upacara adat dan kegiatan-kegiatan oleh suku dayak yang ada di kabupaten bengkayang.

Lempok Durian oleh-oleh khas bengkayang

Lempok Durian oleh-oleh khas bengkayang

Siapa sih yang tidak kenal dengan lempok durian, siapa nih teman sejagat yang belum mengetahui Lempok Durian. Lempok Durian adalah namalain dari dodol durian, makanan yang satu ini menjadi oleh-oleh khas bengkayang yang juga sangat digemari oleh masyarakat Bengkayang.

Dengan hasil panen durian yang berlimpah biasanya masyarakat bengkayang manjadikan makanan ini menjadi makanan paforit pada saat setelah panen durian. Tentunya lempok durian dari bengkayang memang enak-enak dikarenakan bahan yang dipilih untuk membuat lempok durian adalah dari durian yang telah benar-benar matang dan pilihan buah duriannya adalah durian terbaik. jadi pengen ya memcicipi oleh-oleh khas bengkayang yang satu ini.

Tace Icat

Apa sih itu Tace Icat memang banyak yang tidak tahu tentang tace icat apalagi masyarakat kabupaten bengkayang karena ini memang menjadi pertanyaan dan menimbulkan speksikulasi yang berbeda ketika mengetahui arti dari tace icat ini. Tace Icat adalah salah satu kuliner legendari dan lezat juga berasal dari bengkayang. Dengan pengolahannya yang unik kemudian difermentasikan. Sebenarnya arti dari Tace adalah tahi sedangkan icat adalah ikan bila diartikan adalah tahi ikan nah kok bisa dijadikan makanan dan mengapa bisa selezat itu, pastinya makanan ini dibuat oleh suku dayak bakati inyam mereka sangat ahli dalam membuat makanan ini manjadi enak tentunya bukan sembarang ikan yang tahinya bisa digunakan untuk membuat tace icat.

Tace icat ini terbuat dari campuran berbagai rempah dan bahan loh teman sejagat ada rebung, lengkuas daun serai dan yang menjadi nama dari bahan dasarnya adalah tahi ikan yang dicampur kemudian didiamkan selama beberapa hari sehingga menjadi tace icat dan siap untuk digoreng dan disajikan. Biasanya bagi sebagain orang yang salah perosedur dan pengerjaannya tidak bisa jadi oleh tace icatnya. Makanan ini menjadi makanan faporit di bengkayang dan penulis sendiri sangat menyukasinya disajikan dengan agak sedikit pedas plus dengan nasi hangat, hmmm lezat kebayang deh dilidah nikmatnya.

Tabarong

Memang yah kalau sudah pergi ke Kabupaten Bengkayang semua kuliner dan makanan khasnya pasti makanan fermentasi. Tetapi tetap unik dan lezat, tebarong merupakan salah satu makanan fermentasi yang terbuat dari rebung atau anak dari bambu dengan cara pengolahanya rebung di potong potong kemudian didiamkan selama beberapa hari didalam wadah yang kering dan tidak terkena cahaya matahari langsung. setelah rebung berwarna kehitaman berhasilah menjadi Tabarong dan siap untuk dimasak menjadi berbagai olahan masakan, biasanya tabarong dimasak dengan dicampur dengan daging ikan atau tulang sapi tergantung selera. Makanan ini sudah jarang dibuat oleh masyarakat karena tidak jarang yang berhasil untuk membuat tabarong ini, biasanya rebung yang dibuat menjadi tabarong ini berulat tentunya ini menandakan tidak berhasil dalam pembuatannya. pada saat ini hanya kalangan orang-orang tua saja yang pandai untuk membuatnya, tidak terbayang yah ternyata rebung dapat di olah menjadi berbagai masakan lezat

Insap Masum

Nah kalau insap Masum pastinya semua masyarakat Kabupaten bengkayang tahu masakan apa ini. Kembalim lagi dengan bahan dasarnya adalah rebung insap masum adalah rebung yang difermentasi sehingga terasa masam jadi maksudnya adalah insap adalah rebung dan masum adalah masam dalam bahasa dayak bakati.

Insap masum ini banyak masyarakat buat untuk sayur karena pengerjaanya juga yang simpel sehingga mudah untuk dibuat, jika teman sejagat mempunyai rebung mentah teman sejagat iris halus dan rendamkan kedalam air bersih dan biarkan beberapa malam jadi deh insap masumnya siap dimasak, baik itu dimapur dengan daging apa saja tentunya mantap betul. yuk datang ke Bengkayang untuk menikmati berbagai kuliner khas bengkayang yang lezat dan tentunya enak-enak.

Cupkup panjang sudah pembahasan ini semoga dengan pembahasan mengenai Kuliner Bengkayang Wajib Untuk Kamu Ketahui menjadi referensi masakan sahabat semua atau menjadi pilihan untuk merasakan beragam kuliner khas bengkayang. Akhir kata penulis ucapkan selamat membaca

Artikel Lainnya : Lirik Lagu Dayakng Janjiola Terlengkap Oleh Tino Ame
Artikel Lainnya : Lirik Lagu Dayak Ganteng Oleh Tino Ame

Penelusuran terkait :
makanan khas pontianak | makanan khas ketapang | pakating | makanan khas kapuas hulu | rumah makan bengkayang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*