Search

Mangrove Setapuk Singkawang Objek Wisata Edukasi dan Tempat Bersantai Sore

Mangrove Setapuk

Mangrove Setapuk – Mangrove merupakan Hutan Bakau yang biasa juga kita kenal dengan sebutan Hutan Mangrove yang ada di perairan air payau, kemudian lokasinya diperngaruhi oleh pasang surut air laut. Biasanya Tumbuhan Mangrove ini tumbuh pada tempat-tempat terjadinya pelumpuran serta tempatnya mengumpulnya bahan organik pada perairan. Tentunya bukan tanpa alasan mengapa saya menuliskan tentang Mangrove Setapuk Singkawang objek wisata edukasi dan tempat bersantai sore, dan mari kita kenal tumbuhan mangrove, nilai ekonomi apa yang dapat kita dapatkan dari Hutan Mengrove dan apa fungsi dari Hutan Mangrove ini nantinya? memang seringkali ini yang dapat kita tanyakan kepada diri kita sendiri, tetapi ketahuilah berjuta manfaat Mangrove bagi ekosistem makhluk hidup lainnya.

Mengrove Setapuk Besar

Singkawang Mangrove Park merupakan nama sebenarnya dari Mangrove Setapuk oleh karena lokasinya berada di daerah Setapuk banyak orang dan pengunjung yang datang sering menyebutnya Mangrove Setapuk padahal nama yang sebenarnya adalah Singkawang Mangrove Park. Nah jadi kepada teman sejagat yang sudah membaca tulisan ini jangan sampai salah lagi ya penyebutan namanya dan ceritakan pengalaman mu ketika berkunjung dan boleh komen di bawah. Selamat membaca

Dimana Mangrove Setapuk

Singkawang Mangrove Park berada di Kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kalau teman sejagat masih saja bingung dimana letaknya nanti teman sejagat dapat melihat pada google maps yang akan dicantumkan pada bagian bawah artikel ini, semoga dapat membantu.

Sementara pada akses jalan menuju ke Singkawang Mangrove Park ini disediakan ada dua jalur, yang pertama jalur darat dan kedua melalui jalur air. Nah apa bedanya kedua jalur tersebut dan apa kelebihannya pada kedua jalur tersebut? yang pertama dapat dilalui hanya kendaraan seperti Motor, Sepeda dan Pejalan Kaki dari pintu masuk tempat wisata ini, Kemudian jalur yang kedua melalui air, jika teman sejagat menggunakan mobil datang ke sini masih belum ada jalan yang dapat dilalui jadi teman sejagat menyimpan kendaraan pada gerbang masuk dan kemudian dapat menyewakan kapal penyebrangan dan di perjalanan teman sejagat dapat menyaksikan bakau-bakau yang hidup di tepi sungai pada jalur yang dilewati.

Singkawang Mangrove Park
Jalur Air dapat dilalui oleh wisatawan ke tika ke Singkawang Mangrove Park.

Fasilitas Yang ada di Singkawang Mangrove Park

Selain dikeloka oleh Kelompok Sadari Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Setapuk Besar, Singkawang Mangrove Park ini beberapa kali dibantu dalam pengelolan beberapa infrastruktur yang ada disana oleh dinas-dinas terkait Kota Singkawang, tentunya ini merupakan sinergitas dan kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah dengan Pokdarwis Kelurahan Setapuk Besar sampai dengan sekarang ini apa saja fasilitas yang dapat pengunjung nikmati ketika berada di Singkawang Mangrove Park ini?

1. Tiket Masuk

Ketika teman sejagat datang dan masuk diberikan oleh pengelola disana tiket masuk dengan biaya Rp 5.000/motor nah disana teman sejagat bebas untuk berkeliling dan menikmati udara segar saat berada di lokasi. Ya cukup murah meriah lah, apalagi kendaraan yang dititipkan tentunya dijamin aman paling tidak teman sejagat perlulah menambah kewaspadaan terhadap kendaraan walau dijamin aman.

2. Jalan Setapak dari Kayu

Jalan setapak yang terbuat dari kayu pada awalnya memang sudah mulai rusak dan habis hancur oleh karena berbagai faktor seperti cuaca dan kualitas bahan yang digunakan. Beruntungnya pada saat ini beberapa jalan setapak ini sudah dibuat lebar dan kualitas kayu yang digunakan untuk jalan ini pun sudah sangat kuat, ya memang harapannya tetap terus dijaga segala fasilitas yang ada.

mangrove kuala singkawang
Jalan Setapak dari Kayu

Dan sampai saat ini sudah dapat di gunakan semua jalan yang terbuat dari papan hampir keseluruh hutan mangrove setapuk dapat pengunjung kunjungi.

3. Tempat duduk

Mangrove Singkawang

Untuk menunjang fasilitas yang ada di mangrove setapuk disediakan tempat duduk dan langsung dengan atap untuk mencegah terik panas bahkan mungkin hujan langsung yang mengguyur ketika pengunjung bersantai di hutan mangrove singkawang satu ini. Dan tempatnya langsung menghadap ke lautan lepas sehingga menjadi tempat paforit bagi pengunjung untuk sekedar menikmati sunset di sore hari di kawasan mangrove setapuk.

4. Kantin

Mangrove Setapuk Singkawang

Kantin dan beberapa tempat duduk untuk pengunjung di mangrove setapuk sebagai fasilitas yang ada di kantin, jadi bagi yang membawa keluarga atau anak-anak tidak perlu kawatir ketika anak-anak ingin jajan atau sekedar mencari cemilan untuk bersantai menikmati sunset di hutan mangrove setapuk ini. setidaknya bagi yang jomblo adalah kawan menemani sore hari yang indah, hehehe

5. Tempat sampah

Tentunya selain berbagai fasilitas yang lengkap di kawasan mangrove setapuk ini telah di sediakan juga tempat sampah yang tersedia, memang di kawasan ini pokdarwis yang mengelola mangrove setapuk ini selalu membersihkan lokasi di sekitar mangrove tetapi akan lebih bijaknya kita sebagai pengunjung untuk saling menjaga hutan mangrove ini lebih indah lagi ketika berkunjung kita membuang sampah pada tempatnya.

6. Jembatan Pelangi

 

Wisata Mangrove Singkawang

Nah nggak sah nih kalau ke kawasan hutan mangrove di kalimantan nggak mencaoba ke jembatan pelangi yang ada disana, setahun terakhir memang kondisi jembatan ini sangat membahayakan tetapi kemudian telah direnovasi kembali. Karena ini salah satunya tempat spot foto terbaik juga yang ada di kawasan mangrove setapuk besar ini. Biasanya ini menjadi tempat kegemaran para remaja yang membawa pasangannya ketika berkunjung, tidak tahu apa yang pastinya karena posisi jembatan ini memotong sungai yang mengalir ke muara kawasan mangrove ini plus kawasan hutan ini pun nampak dari jembatan ini. Ya bagi para penikmat senja pasti suka lah ke sini, karena senja dapat dinikmati begitu indah ketika berada di kawasan mangrove ini.

Akhir kata semoga tulisan tentang Mangrove Setapuk Singkawang Objek Wisata Edukasi dan Tempat Bersantai Sore dapat menjadi reverensi liburan dan tempat untuk berwisata ketika berkunjung ke Kota Singkawang. Semoga kita warga Kota Singkawang tetap terus menjaga kawasan hutan mangrove yang indah ini. di penutup ini penulis mengucapkan salam sekaligus salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*