Search

Wisata Bengkayang Paling Terbaik dan Viral di Indonesia dan Mancanegara

Wisata Bengkayang

Memang sangat sedikit sekali yang mengetahui apa saja wisata Bengkayang yang paling banyak dan wisatawannya berasal dari daerah lain di Indonesia bahkan sampai para wisatawan mancanegara manapun. Untuk itulah sangat menarik tentunya untuk kita bahas dan teman sejagat semuanya untuk mengetahuinya, seperti pepatah Tak kenal maka tak sayang, ya tak sayang makanya tidak kawin-kawin, hahahaha nah semakin kita tahu tentang Kabupaten Bengkayang maka kita semakin cinta dan banyak wawasan yang dapat kita terima. Nah ada berapa sih tempat wisata Bengkayang sehingga ada beberapa tempat wisatanya ada yang paling terkenal dan viral ke negara-negaralain, Pada saat aku nulis ini aja hanya beberapa saja yang begitu aku tahu oleh karena sambil mencari-cari infolainnya. Nah semoga artikel yang diberi tema “wisata Bengkayang paling terbaik dan viral di Indonesia dan Mancanegara” ini dapat membuat kita semakin cinta Indonesia, Daerah, Budaya dan Lingkungan sekitar kita.

Bengkayang memang sangat istimewa banget, mengapa tidak Kabupaten Bengkayang sangat berbeda dengan daerahlain seperti kabupaten-kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat ini, memiliki kekayaan alam yang melimpah, potensi wisatanya banyak, laut dan wisata baharinya ada dan berbagai budaya ada serta beragam. Seperti yang saya sebutkan ini Bukit Sepancong Bengkayang, Pulau Randayan Bengkayang, Riam Merasap Bengkayang apa lagi kalau kita tahu sejarah Bengkayang pada masa silam dengan pusat tembang emas terbanyak ketika pada zaman Kesultanan Sambas pada masa itu, tentunya Masyarakat Bengkayang harus bangga dengan aset alam yang luar biasa ini.

Apalagi dengan istimewanya Kabupaten Bengkayang berbatasan darat dan aksesnya langsung ke negara tetangga Indonesia yaitu Negara Malaysia, ketika aku menuliskan ini semangat kupun bergelora dan ingin mengatakan “wahai pemuda Bengkayang lihatlah dan bukalah matamu, apa yang bisa kamu perbuat untuk Kabupaten Bengkayang mu tercinta” tidak selamnya kita harus menegadah kelaingit untuk berharap akan ada keajaiban serta berkah yang turun mesti harus dengan langkah kecil dan semangat yang optimis ayo.. jangan terlena.

Setelah berpanjang-panjang kata diatas aku berharap tulisan ini tidak menjadi bosan untuk dibaca dan telusuri dan berikut dibawah ini nanti kita akan bahas beberapa wisata yang terkenal, terbaik dan viral yang ada di Kabupaten Bengkayang baik itu di Kalimantan Barat, Indonesia dan di Negara-negaralain.

1. Upacara Adat Nyobeng

Menurut wikipedia Ritual Adat Nyobeng ini adalah sebuah upacara penghormatan terhadap hasil ngayau (mengayau) yang dilakukan oleh suku-suku Dayak pada zaman dulu yang dilakukan oleh semua suku Dayak untuk mempertahankan koloni atau wilayah mereka tetapi pada zaman sekarang itu sudah tidak ada lagi, kemudian ditaruh di rumah balug dan pada saat nyobeng ini lah merupakan ritual memandikan atau membersihkan tengkorak hasil dari mengayau pada zaman nenek moyang mereka dan upacara Adat Nyobeng ini dilakukan oleh Masyarakat Suku Dayak Bidayuh, di Dusun Sebujit, Hli Buei, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang.

Nyobeng Wisata Bengkayang

Kegiatan Nyobeng ini dilakukan setiap tahun, pada zaman sekarang upacara adat ini dilakukan menjadi sebuah tanda perdamaian yang mencakup perdamaian Suku Dayak Bidayuh serumpun baik itu yang ada di Indonesia bahkan di Malaysia pada setiap upacara adat nyobeng. Segingga menambah wisatawan dari luar negeri (warga Malaysia). Kalau teman segat ke sini dapat mengikuti ritual adat ini selama tiga hari dan biasanya ritual adat di dilaksanakan pada tanggal 15-an hingga 17 pada bulan Juni, nah disana selain dapat menyaksikan langsung upacara adat nyobeng ini teman sejagat juga dapat menyaksikan berbagai atraksi olah raga, permainan daerah dan berburu kuliner yang ada, Wah seru bukan? selain dapat pengalaman baru, dan pastinya menambah teman baru, hmmm siapa tahu teman sejagat bisa dapat jodoh, hehehe kemudian.

2. Bukit Jamur

Memang sesuai namanya sejak 2014 akhir tempat wisata ini sudah tersebar dan menjamur dimana-mana informasi tempat wisata yang sangat indah ini. Dengan hamparan berbatuan yang ada di atas bukit ini menjadi daya tarik oleh para wisatawan untuk berfoto pada saat berada di Bukit Jamur. Untuk pendakiannya memang tidaklah mudah jika tanpa persiapan fisik yang maksimal dan tidak semua orang bisa, ya segala usaha yang sukar memang mendatangkan kenikmatan yang indah pula. Seperti jika ke Bukit Jamur ketika dipuncak segala kepenatan pasti terbayarkan dengan pemandangan yang begitu indah.

Bukit Jamur ini berada di Desa Belangko, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia memiliki ketinggian kurang lebih 500 mdpl dan jalur pendakiannya yaitu melewati area perkebunan masyarakat yang ada di Desa Belangko, Jika teman sejagat melewati jalur dari Desa Belangko teman sejagat hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua jam perjalanan.

Wisata Bengkayang Bukit Jamur

Apa sih yang teman sejagat dapati ketika sudah sampai di Bukit Jamur ini, disana teman sejagat merasakan bak negeri di atas awan dan hamparan sawah yang menghijau ketika malam hari tak terhitung banyaknya bintang-bintang di langit menghiasi bukit ini yang pastinya setelah lelah mendaki bukit ini pastinya terbayarkan dengan pemandangan yang indah.

Memang namanya adalah Bukit Jamur tetapi kenyataannya tidak ada jamur yang memang khusus tumbuh di bukit ini. Jika dari sejarah Bukit Jamur Bengkayang ini adalah merupakan salah satunya tempat tumbuhnya jamur akibat dari hasil pembakaran ladang oleh masyarakat setempat segingga satu persatu warga menamainya adalah bukit jamur.

3. Kampung Kreatif Jagoi Kindau

Kampung kreatif Jagoi Kindau berada di Dusun Kindau, Desa Sekida, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia pada tahun 2020 yang lalu Kampung Kreatif ini menjadi salah satu nominasi Anugrah Pesona Indonesia dengan kategori wisata belanja terpopuler. Kampung kreatif Jagoi Kindu ini merupakan salah satu kampung kreatif yang telah ditetapkan dan secara resmi oleh Bupati Bengkayang, oleh karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Malaysia yaitu di Pasar Serikin Sarawak. Oleh sebab itulah menjadi faktor selalu habis terjual setiap dagangan masyarakat Kabupaten Bengkayang yang menjual dagangannya, tentunya ini menjadi daya jual dan meningkatkan ekonomi bagi masyarakat Kindau dan sumber minatnya wisatawan yang datang baik itu untuk melihat bahkan sampai dengan membeli.

Kampung Kreatif Jagoi Kindau

Di Kampung Kreatif Jagoi Kindau dikelola oleh Pokdarwis pada tahun 2020 awal dengan peran penting Pokdarwis ini melakukan pengelolaan kegiatan wisata hingga kerajinan mengayam. Sementara lembaga ekonominya berasal dari Bumdesma Desa Sekida kemudian tergabung lagi ada enam desa yang meliputi Jagoi, Sekida, Kumba, Gersik, Sinar Baru dan Semunying Jaya.

Hasil produksi Kampung Kreatif Jagoi Kindau yang paling diminati yaitu Takin dan diartikan kedalam bahasa Jagoi yaitu “Juah” Takin merupakan salah satu kerajinan yang berbahan dasar dari rotan berbentuk tabung kemudian diberi tali untuk mengambing atau mengendongnya untuk membawa berbagai barang seperti bekal sampai ke hasil panen dari kebun atau ladang. Nah disana bukan hanya Takin saja yang dijual melainkan ada tas, dompet, pajangan dinding, tudung saji, kotak tisu sampai dengan berbagai bentuk aksesoris lainya. Ya semoga teman sejagat bisa ke sini ya dan kita bisa ketemu.

4. Tanggi Rafting Riam Pangar

Tanggi Rafting yang ada di Riam Pangar juga menjadi salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) pada tahun 2020 pada kategori Wisata Air Populer, bangga nggak tuh dimana beberapa destinasi Wisata Bengkayang pernah masuk nominasi API harapannya beberapa destinasi wisata ini agar terus berkembang sehingga dapat menarik wisatawan daerah dan wisatawan mancanegara.

Nah dimana sih lokasi Riam Pangar ini? Tanggi Rafting Riam Pangar ini berada di Desa Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. bagi teman sejagat yang buka di wilayah Provinsi Kalimantan Barat tentunya dapat pergi melewati Kota Pontianak karena dapat mengunakan pesawat dan jadwal penerbangannya juga sudah banyak ke daerah-daerah di Indonesia, setelah berada di Pontianak teman sejagat dapat menggunakan mobil atau sepeda motor ke Riam Pangar ini dan menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam dari Kota Pontianak.Tanggi Rafting Riam Pangar
Untuk akses lebih dekat melewati Kecamatan Sanggau Ledo, pas di persimpangan simpang empat sanggau ledo teman sejagat selanjutnya menuju ke Riam Pangar sekitar 20 menit dan sampai dengan sekarang untuk masuk Rp 5.000/orang dan biaya parkir mobil hanya Rp 10.000, segala fasilitas di Riam Pangar aku rasa sudah cukup lengkap dengan adanya toilet, tempat ganti pakaian hingga kantin yang ada di lokasi Riam Pangar ini. Disini teman sejagat dapat melakukan oleh raga air yang cukup ekstrim seperti arung jeram yang diberi nama Tanggi Rafting.

5. Sepadang Hill (Bukit Sepancong Spot 2)

Sepadang Hill yang kita kenal dengan Bukit Sepancong Spot 2 berada di Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia yang juga masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia pada tahun 2021 di kategori 10 Dataran Tinggi serta nominasi Pariwisata Daerah Terbaik kategori 14 Dataran Tinggi. Sungguh keren ya Kabupaten Bengkayang memiliki alam yang indah, tentunya menjadi satu kebanggan tersendiri bagi Kabupaten Bengkayang menjadi nominasi pada API 2020 sampai 2021 salah satu tempat wisatanya.
Sepadang Hill Bukit SepancongBukit yang dikenal dengan Bukit Sepancong Bengkayang ini memiliki ketinggian kurang lebih 400-500 mdpl dari permukaan laut, tentunya wisata yang memiliki ketinggian ini tidak semua orang dapat pergi dan sampai dipuncaknya, hmmm tetapi beberapa waktu yang lalu Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, S.E., M.M. bersama istri dan rombongan sudah pernah sampai ke puncak bukit sepancong ini dalam rangka upaya dukungan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat dan seluruh Indonesia untuk mendukung Sepadang Hill menjadi pemenang dalam ajang API 2021.

Apa sih yang dapat teman sejagat saksikan ketika berada di Bukit Sepancong (Sepadang Hill) teman sejagat dapat merasakan camping berada diatas awan dan mengabadikan foto di spot foto tangan di sebelah kiri dan kanan Bukit Sepancong dan ketika saat awan menghilang teman sejagat dapat melihat bentangan sawah dan perbukitan di wilayah Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas hijau membentang. Ya kalau bagi aku level pendakiannya sih di level sedang yang penting niatnya, ketika sudah sampai di puncak tentunya terbayarkan dengan pemandangan yang indah. Apa lagi dengan posisi camping menghadap langsung dengan Gunung Bawang Bengkayang menjadikan pendakian mu berarti sampai tidak mau pulang, hehehe

Baca Juga : Lirik Lagu Dayak Ganteng Oleh Tino Ame
Baca Juga : Dayak Janjola Lagu Dayak Kanayatn Oleh Tino Ame

Penelusuran terkait
bukit sepancong bengkayang | air terjun bengkayang | pulau randayan bengkayang | peta bengkayang | bukit bengkayang | riam bengkayang | riam merasap bengkayang | hotel di bengkayang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*